Selamat Datang di Website MIPAnet

34 Perguruan Tinggi se-Indonesia menghadiri Rapat Kerja MIPAnet di IPB

34 Perguruan Tinggi se-Indonesia menghadiri Rapat Kerja MIPAnet di IPB

Pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2016 Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. sebagai Sekjen MIPAnet periode 2016-2018 mengadakan Rapat Kerja (Raker) MIPAnet 2016 yang diselenggarakan di IPB International Convention Center. Raker dihadiri oleh para Dekan FMIPA/FST/FBIO yang berasal dari 34 perguruan tinggi se-Indonesia. Dalam sambutannya, Sekjen MIPAnet Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. menyatakan bahwa kegiatan Raker merupakan salah satu bentuk komunikasi rutin dan sharing experience antar dekan yang dilakukan secara tatap muka untuk mendiskusikan berbagai kebijakan MIPAnet disamping berbagai komunikasi lainnya yang sifatnya non kebijakan yang selama ini telah dilakukan melalui media elektronik. Kegiatan Raker dibuka oleh Sekretaris Institut Pertanian Bogor Dr. Ir. Ibnul Qayim yang menyatakan bahwa IPB sangat menyambut baik diadakannya Raker MIPAnet di Kampus IPB dan juga mendukung berbagai kegiatan yang dicanangkan oleh MIPAnet. Kegiatan Raker MIPAnet 2016 dikemas dalam lima pokok bahasan, yaitu (1) Program Kerja MIPAnet 2016, (2) Penyempurnaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD dan ART) MIPAnet, (3) Launching website www.mipanet.or.id, (4) Penyempurnaan Basisdata Anggota, serta (5) Program Outreach.

Program kerja periode 2016-2018 disepakati terdiri atas empat program utama, yaitu (i) Penguatan Kelembagaan MIPAnet, (ii) Scientific Communication and Forum, (iii) Kerjasama dengan Himpunan Profesi dan Pembentukan LAMSAMA, serta (iv) Program Revitalisasi Bidang MIPA. Pokok bahasan tentang AD dan ART MIPAnet difokuskan pada penyempurnaan bab dan pasal yang telah ada pada Ad dan ART, seperti misalnya melengkapi makna bentuk dan warna yang terkandung dalam logo MIPAnet, tugas dan fungsi pengurus dan anggota serta hal-hal lain yang dipandang perlu. Pokok bahasan ketiga, yaitu website MIPAnet mendemonstrasikan www.mipanet.or.id yang memuat fitur-fitur tambahan yang merupakan pengayaan dari website sebelumnya serta memperkenalkan mekanisme pemutakhiran konten website secara partisipatif kolaboratif oleh seluruh anggota MIPAnet (konsep superadmin dan admin universitas). Pokok bahasan keempat mendiskusikan pentingnya pendataan seluruh anggota MIPAnet agar tetap berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan MIPAnet. Adapun program outreach disepakati mencakup antara lain: pendataan publikasi nasional/internasional, pendataan peralatan untuk pengajaran dan penelitian, pendataan kepakaran, serta penjadwalan seminar yang terintegrasi dan dikelola bersama agar tidak terjadi konflik jadwal serta agar lebih efisien dan ekonomis.

Raker MIPAnet 2016 ditutup dengan berbagai kesepakatan, diantaranya yaitu diimplementasikannya empat program kerja yang telah dicanangkan oleh semua angota dengan koordinasi dari pengurus MIPAnet. Untuk penguatan kelembagaan MIPAnet disepakati akan diupayakan melalui legislasi organisasi ke dalam bentuk hukum dengan kantor tetap di Kemenristek Dikti dan kantor operasional di tempat Sekjen berada. Penguatan kelembagaan bersifat sangat penting dan terutama dibutuhkan saat akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di luar MIPAnet. Kesepakatan lainnya ialah dibentuknya task force penyempurnaan AD dan ART yang dikoordinir oleh Sekretaris MIPAnet Prof. Warsito, S.Si, DEA, Ph.D dimana penyempurnaannya tetap mempertimbangkan sejarah didirikannya MIPAnet. Sementara Bendahara MIPAnet, Prof. Dr. Widowati, S.Si, M.Si disepakati akan membenahi keanggotaan dan aktivasinya serta pemberian akses login kepada anggota yang telah memenuhi kewajibannya. Untuk outreach, pada Dekan yang hadir diundang untuk mengikuti ASEAN Dean of Science meeting pada tanggal 1 Desember 2016 di Thailand. Selanjutnya, Raker juga menyepakati diadakannya Rapat Tahunan dan Seminar MIPAnet yang pada tahun 2017 direncanakan akan diadakan di Universitas Sam Ratulangi di Menado pada bulan Agustus 2017.