Selamat Datang di Website MIPAnet

Universitas Jambi (UNJA)

Universitas Jambi (UNJA)

SEJARAH :

Kepercayaan Dikti untuk menunjuk Unja menjadi LPTK dengan membuka Program studi Diploma I ini menjadi cikal-bakal berdirinya FKIP. Dua tahun kemudian tahun 1982, LPTK Unja dipercaya membuka Program Diploma II/Akta II untuk bidang studi Bahasa Indonesia dan Matematika disamping tetap membuka program diploma I/Akta I seperti semula.

Karena Unja telah memiliki LPTK maka dalam keputusan Presiden RI Nomor 41 tahun 1982 tanggal 7 september 1982 tentang susunan organisasi Universitas Negeri (Termasuk Unja), maka usul pembukaan FKIP telah diterima, karena ternyata dalam susunan organisasi UNJA telah tercantum FKIP sebagai fakultas ke lima di lingkungan UNJA. Sehingga dengan demikian SK Presiden tersebut menjadi dasar yuridis pendirian FKIP Unja dan tanggal tersebut dijadikan bersejarah bagi FKIP Unja, sampai kini tanggal 7 september setiap tahun kita peringati sebagai hari jadi FKIP Unja.

Bersamaan dengan adanya pengakuan akan eksistensi FKIP Unja secara formal dalam SK Presiden nomor 41 tahun 1982 tersebut maka, diperlukan mengangkat Dekan bagi FKIP. Karena pada masa itu baru diselenggarakan program Diploma sedangkan kebutuhan akan tenaga kependidikan menuntut kualifikasi yang lebih tinggi, maka mulailah diperjuangkan program studi setingkat sarjana (S1). Perjuangan ini berhasil dengan disetujuinya oleh Mendikbud RI pembukaan S1 melalui Surat Keputusan Mendikbud RI nomer 0540/0/1983 tanggal 8 desember 1983. Sehingga sejak tahun ajaran 1984/1985 mulailah FKIP menyelenggarakan program S1 disamping masih tetap mempertahankan pembukaan program diploma, Program S1 yang dibuka tersebut terdiri dari empat jurusan dengan empat program studi, yaitu:

  1. Jurusan Ilmu Pendidikan dengan program studi Bimbingan Konseling.
  2. Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial dengan program studi Koperasi.
  3. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni dengan program studi Bahasa Indonesia.
  4. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan program studi Pendidikan Kimia.

VISI :

Pada tahun 2025 FKIP Universitas Jambi menjadi Fakultas bermutu dengan berbagai pusat unggulan yang inovatif dan kompetitif dalam bidang pendidikan secara nasional dan internasional.

MISI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan profesional yang mampu berkompetisi secara global
  2. Menyelenggarakan penelitian inovatif untuk mendukung pelaksanaan pendidikan yang bermutu dan meningkatkan HAKI dan publikasi ilmiah.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan hasil kajian dalam bidang inovasi pendidikan.
  4. Menjalin jaringan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan berbagai pihak serta menyediakan jasa layanan profesi kependidikan yang bermanfaat bagi masyarakat.
  5. Menata dan mengembangkan sistim manajemen mutu dilingkungan FKIP dengan sertifikasi ISO 9001 sehingga mampu memberikan layanan akademik yang berkualitas.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan dengan daya saing global yang mampu mengadaptasikan Ilmu pengetahuan dalam bidang keahliannya, berkepribadian sebagai tenaga pendidik dan kependidikan profesional.
  2. Mengembangkan rumpun keilmuan kependidikan dan berbagai kajian tentang inovasi pendidikan bagi tenaga pengajar dan mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kinerja dan mengembangkan prestasinya.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan/atau Seni yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional dan meningkatkan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka transformasi ilmu pengetahuan, hasil penelitian dan bahan ajar kepada masyarakat.
  4. Memperluas dan meningkatkan jejaring kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik lokal, regional, nasional dan internasional;
  5. Memantapkan dan mengembangkan tata kelola dalam sistim manajemen mutu yang memenuhi sertifikasi ISO 9001.
  6. Meningkatkan mutu fasilitas, prasarana, sarana sesuai dengan yang dibutuhkan untuk memenuhi standar nasional dan internasional untuk terciptanya suasana akademik yang kondusif serta bermanfaat bagi masyarakat untuk mendukung terwujudnya misi FKIP Universitas Jambi;

STATISTIK :

Dekan : Prof. Dr. M. Rusdi, M.Sc

Jumlah Prodi : 13 Prodi

Pendidikan Kimia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Biologi, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Sejarah, dan Administrasi Pendidikan

KONTAK :

Jl. Raya Jambi-Ma.Bulian KM 15

Mendalo Darat Jambi Kode Pos. 36361

Telp/Faks : 0741-583453

Email : unja.fkip@gmail.com