Selamat Datang di Website MIPAnet

Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)

Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lambung Mangkurat dibuka dengan dasar pemikiran bahwa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai induk dari ilmu pengetahuan dipandang perlu dalam suatu Perguruan Tinggi.

 

Pembukaan FMIPA bermula dari keinginan dan obsesi Rektor Unlam saat itu, Prof. H. Alfian Noor bahwa FMIPA harus dibuka dalam kurun waktu kepemimpinan beliau. Dan sebagai awal sebelum Fakultas dibentuk, maka dibuka terlebih dahulu Program Studi yang akan menjadi bagian dari FMIPA. Maka, pada tahun 1999, Rektor mengeluarkan surat penugasan No:935/J08/PP/1999 tanggal 10 Mei 1999 untuk merevisi proposal pendirian Program Studi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi Jurusan tersebut di FMIPA Universitas Lambung Mangkurat pada mulanya diketuai Prof.DR.Ir.Hj. Hakimah Halim, M.S.

 

Pada tanggal 9 Juni 1999, Rektor mengeluarkan Surat Keputusan No: 255/J08/OT/1999 untuk membentuk Unit Pelayanan MIPA Universitas Lambung Mangkurat yang dipimpin oleh Ir.H.Rachmadi HT.

 

Sebagai tindak lanjut Unit Pelayanan MIPA, pada tanggal 20 Oktober 1999 dengan surat no:2180/J08/PP/1999, Rektor mengirimkan proposal usulan pembukaan Program Studi yang telah direvisi serta usulan pembukaan FMIPA Universitas Lambung Mangkurat ke Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dan tembusan surat tersebut disampaikan ke konsorsium Ilmu-ilmu MIPA. Dengan usulan tersebut, maka pada tanggal 18 – 21 Januari 2000, telah datang tim kunjungan Komisi Disiplin Ilmu Matematika dan Sains Dewan Pendidikan Tinggi ke Universitas Lambung Mangkurat untuk melakukan proses penilaian.

 

Proses yang begitu panjang mulai membuahkan hasil, dengan dikeluarkannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI pada tanggal 25 Agustus 2000 tentang pembentukan Program Studi S1 Biologi No. 300/DIKTI/KEP/2000, Program Studi S1 Kimia No. 301/DIKTI/KEP/2000, Program Studi S1 Matematika No. 302/DIKTI/KEP/2000, sedangkan Program Studi Diploma III Fisika dibentuk oleh Surat Keputusan Rektor Unlam No. 427/J08/PP/2000 tanggal 28 Agustus 2000.

 

Dengan telah keluarnya surat keputusan pembukaan Program Studi seperti tersebut di atas, maka tahun ajaran 2000/2001 keempat Program Studi sudah mulai melakukan proses belajar mengajar dibawah koordinasi pengelolaan Dekan Fakultas Teknik Unlam dan berkampus di Komplek Unlam Banjarbaru. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 147/O/2001 pada tanggal 11 September 2001 FMIPA resmi didirikan sebagai Fakultas ke-10 (sepuluh) di Universitas Lambung Mangkurat.

 

Keberadaan FMIPA Universitas Lambung Mangkurat semakin lengkap dengan keluarnya Surat Ijin penyelenggaraan dari Dikti tanggal 12 November 2004 tentang pendirian Studi S1 Fisika melalui dana bersaing TPSDP dan Program Studi S1 Farmasi dengan surat izin penyelenggaraan dari DIKTI tanggal 7 Desember 2005.

 

FMIPA UNLAM (SK MENDIKNAS RI No 147/O/2001 TGL 11 SEPTEMBER 2001) DENGAN 6 PS S1:

 

  1. Program Studi BIOLOGI (SK DIRJEN DIKTI No 300/DIKTI/KEP/2000 TGL 25 AGUSTUS 2000)
  2. Program Studi KIMIA (SK DIRJEN DIKTI No 301/DIKTI/KEP/2000 TGL 25 AGUSTUS 2000)
  3. Program Studi MATEMATIKA (SK DIRJEN DIKTI No 302/DIKTI/KEP/2000 TGL 25 AGUSTUS 2000)
  4. Program Studi FISIKA (SURAT IJIN PENYELENGGARAAN No 4478/D/T/2004 TGL 12 NOPEMBER 2004)
  5. Program Studi FARMASI (SURAT IJIN PENYELENGGARAAN No 4027/D/T/2005 TGL 7 DESEMBER 2005)
  6. Program Studi ILMU KOMPUTER (SURAT IJIN PENYELENGGARAAN No 2821/D/T/2006 TGL 31 JULI 2006)

 

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN

 

                Perencanaan program dalam Rencana Strategis Fakultas MIPA mengacu dan sejalan dengan Rencana Strategis Universitas Lambung Mangkurat dan didasarkan atas Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut:

 

 VISI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

 

“Terwujudnya Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat yang terkemuka dan berdaya saing tinggi pada tahun 2025”

 

Adapun Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam pencapaian visi tersebut pada tahun 2025 tersebut adalah:

  1. Semua program studi di lingkup FMIPA ULM terakreditasi A.
  2. Menjadi Pusat pengembangan matematika, sains, farmasi dan ilmu komputer dalam bidang pengelolaan sumberdaya alam Kalimantan dalam rangka mendukung ULM menjadi research university.

 

 MISI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT 

 

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkeadilan, berkesetaraan, berkualitas, dan relevan dengan perkembangan matematika, sains, farmasi dan ilmu komputer yang berorientasi pada Visi Universitas Lambung Mangkurat.
  2. Melakukan penguatan tata kelola kelembagaan, kualitas sumberdaya manusia, dan sarana prasarana berdasarkan good university governance.
  3. Menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berdaya saing tinggi.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dan pemangku kepentingan lainnya pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.

 

 

 

 

TUJUAN MISI 1 FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

 

  1. Meningkatkan daya tampung dan memperluas cakupan layanan pendidikan yang berkeadilan.
  2. Meningkatkan mutu dan relevansi program dan pelayanan pendidikan dalam upaya meningkatkan daya saing lulusan.
  3. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing regional dengan memiliki kemampuan profesional yang tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan.
  4. Meningkatkan suasana akademik.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil penelitian serta inovasi yang relevan dengan tujuan pembangunan nasional dan daerah.
  6. Meningkatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka transfer ilmu pengetahuan, dan penerapan hasil penelitian bagi masyarakat.
  7. Mendukung kajian pengelolaan lahan basah dan pengelolaan hutan tropis berkelanjutan sebagai program unggulan Universitas Lambung Mangkurat.

 

TUJUAN MISI 2 FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

 

  1. Meningkatkan dan mengembangkan kualitas tata kelola FMIPA ULM berlandaskan 8 prinsip good university governance.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (Tenaga Pendidik dan Kependidikan) untuk mendukung manajemen dan proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
  5. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan anggaran.

 

TUJUAN MISI 3 FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

 

  1. Meningkatkan kompetensi lulusan yang memiliki soft skill dan berdaya saing.
  2. Mengembangkan organisasi kemahasiswaan dan kemampuan kepemimpinan dan manajemen mahasiswa.
  3. Mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran.
  4. Mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang minat dan bakat.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan mahasiswa yang menunjang prestasi akademik.
  6. Meningkatkan kesejahteraan mahasiswa.
  7. Meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang kewirausahaan.
  8. Memberdayakan potensi alumni.

 

TUJUAN MISI 4 FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

  1. Meningkatkan dan memperluas jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai universitas, lembaga riset, instansi pemerintah/swasta di dalam dan luar negeri.
  2. Mengembangkan dan meningkatkan sumber pendapatan melalui kerjasama kemitraan dan pengembangan Revenue Generator Unit (RGU).
  3. Meningkatkan citra institusi melalui kerjasama kemitraan dengan lembaga penyiaran dan pemangku kepentingan serta memberikan layanan keterbukaan informasi publik yang didukung tata kelola dan SDM yang kompeten.

 

Kontak

Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jl. A. Yani Km 36 Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Telp:  +62511 – 4773112

 

 

August 10, 2016