Selamat Datang di Website MIPAnet

Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar (UNM)

Fakultas MIPA merupakan salah satu pilar utama IKIP Makassar sejak didirikannya pada tahun 1965. Sebelumnya, masih berbentuk BI Negeri bersama BI Bahasa Indonesia. Pada tahun 1961, kedua kursus BI ini diintegrasikan kedalam Universitas Hasanuddin dan mejadi jurusan Ilmu Pasti dari FKIP. Setelah IKIP lepas dari Unhas dan berdiri sendiri sebagai IKIP Makassar, mula-mula bernama Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE) IKIP Makassar, kemudian berubah menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Ujung Pandang, setelah IKIP dikonversi menjadi UNM menjelma menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pada tahun 1965, FKIE IKIP Makassar berdiri dari tiga jurusan, yaitu Ilmu Pasti, Ilmu Alam dan Ilmu Hayat dengan Dekan E. Agussalim Mokodompit M.A.

Pada Tahun 2007, Fakultas MIPA UNM membawahi lima jurusan yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Geografi. Setiap Jurusan mengasuh dua program Studi yaitu Program Studi Kependidikan yang menghasilkan Sarjana Pendidikan (S.Pd.) dan Program Studi nonKependidikan yang menghasilkan Sarjana Sains (S.Si.). Potensi Staff pengajar pada setiap jurusan sekitar 60% S2, 20% S3 dan sisanya S1.

VISI

Visi FMIPA Universitas Negeri Makassar adalah mengembangkan matematika dan ilmu pengetahuan alam, teknologi dan seni (Ipteks) yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang dapat bersaing pada tingkat regional, nasional maupun internasional.

MISI

Misi FMIPA Universitas Negeri Makassar adalah :

  1. Mengembangkan IPTEK yang dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
  2. Menyiapkan lulusan/ilmuwan dibidang kependidikan (guru) dan non kependidikan matematika dan sains yang memiliki kemampuan akademik dan memiliki keunggulan kompetitif pada tingkat regional, nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

TUJUAN

  1. Mencetak calon-calon guru profesional dalam bidang MIPA.
  2. Mencetak sarjana sains yang mampu menerapkan ilmu-ilmu sains dalam kehidupan masyarakat.
  3. Mencetak calon-calon peneliti di bidang kependidikan dan sains.

KONTAK

Jl. Daeng Tata Makassar, Indonesia

Telp : +62411864936

Fax : +62411880568

Email: mipa@unm.ac.id

August 10, 2016