Selamat Datang di Website MIPAnet

Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

Sejarah

 

Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) merupakan institusi pendidi- kan tinggi negeri yang mencetak sumber daya manusia dalam bidang kependidikan dan non- kependidikan. Dalam bidang kependidikan, Undiksha merupakan pencetak sumber daya manusia pendidik yang terbesar di Bali. Sampai saat ini Undiksha telah menghasilkan lebih dari tiga puluh tiga ribu lulusan yang kebanyakan tenaga pendidik. Sejarah Undiksha diawali dari Kursus B-1 untuk menyedianan Guru Bahasa Indonesia tahun 1955 dan Guru Perniagaan tahun 1957 untuk tingkat SMA. Pada tahun 1962 kedua jenis kur- sus tersebut digabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Airlangga. Pada tahun yang sama FKIP bergabung dengan Universitas Udayana, dan pada tahun 1963 menjadi bagian IKIP malang cabang Singaraja. Pada tahun 1968, FKIP dijadikan dua fakultas, Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan, kembali menjadi bagian Universitas Udayana. Pada tahun 1981, FKg dan FIP digabung menjadi FKIP Universitas Udayana. Pada tahun 1993, FKIP pisah dengan UNUD menjadi STKIP Singaraja, dan tahun 2001 menjadi IKIP Negeri Singaraja. Proses panjang yang ditem- puh kedua jenis kursus tersebut akhirnya men- jadi Undiksha, setelah IKIP Singaraja diubah statusnya menjadi Universitas Pendidikan Gane- sha (Undiksha) dengan Peraturan Presiden No- mor: 11/2006, tanggal 11 Mei 2006.

1955Kursus B1 Bahasa Indonesia untuk mem- persiapkan Guru Sekolah Menengah Atas
1957Kusus B1 Perniagaan untuk mempersiap- kan Guru Sekolah Menengah Atas
Jan 1962Kedua jenis kursus tersebut digabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeritas Airlangga
Aug 1962Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bergabung dengan Universitas Udayana
1963Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjadi bagian IKIP Malang Cabang Singaraja
1968FKIP menjadi Fakultas Keguruan (FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) kembali menjadi bagian Universitas Udayana
1981FKg dan FIP digabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Udayana
1993FKIP pisah dengan Unud menjadi Seko- lah Iinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singaraja
2001STKIP Singaraja menjadi Institut Kegu- ruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja
2006IKIP Negeri Singaraja menjadi Univeritas Pendidikan Ganesha (Undiksha)

 

Visi dan Misi UNDIKSHA

 

Visi Universitas Pendidikan Ganesha adalah menjadi perguruan tinggi pusat pengembangan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang berbudaya dan humanis berlandaskan Tri Hita Karana, serta menghasilkan tenaga kependidikan dan non-kependidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

 

Misi Universitas Pendidikan Ganesha adalah menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kerjasama dalam bidang kependidikan dan non-kependidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang vokasional, akademik, dan profesi yang berkontribusi pada daya saing bangsa.

 

Motto UNDIKSHA

 

Motto Universitas Pendidikan Ganesha adalah: “Dharmaning sajjana umerdhyaken widyaguna”, yang artinya: kewajiban orang bijaksana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan pekerti.

 

Kontak

Universitas Pendidikan Ganesha

Jalan Udayana No.11 Singaraja

Telepon: (0362) 22570

Faks       : (0362) 25735

Email     : humas@undiksha.ac.id

August 10, 2016