Selamat Datang di Website MIPAnet

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Sejarah

 

Sebelum FMIPA resmi didirikan, kelompok tenaga pengajar ilmu dasar di UNS yang didukung oleh Pimpinan Universitas telah cukup lama mengadakan hubungan kerjasama antara lain dengan International Development Program (IDP) Australia. Hubungan kerjasama ini adalah berbentuk workshop maupun konsultasi yang berlangsung dari tahun 1986 hingga tahun 1994. Pendirian FMIPA dengan Jurusan Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi ini didukung oleh tenaga pengajar ahli berasal dari berbagai fakultas yang mempunyai latar belakang lulusan “basic sciences” dengan 90% sudah S-2 dan S-3. Mereka berasal dari Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian maupun FKIP. Disamping tenaga pengajar ahli yang berasal dari fakultas-fakultas tersebut di atas, dilakukan pula penerimaan tenaga dosen baru dari sistem karya siswa dan penambahan melalui penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud tertanggal 1 Oktober 1996 No : 0297/O/1996 dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 1997 yang terdiri dari empat jurusan, yaitu Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika. Jurusan Matematika FMIPA UNS merupakan embrio berdirinya FMIPA UNS yang mulai dirintis sejak tahun 1982. Pada tahun 1986-1994 dirintis pula kerjasama antara UNS dengan International Development Project (IDP)-Australia dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar khususnya Matematika, bentuk kerjasama yang pada waktu itu diberikan antara lain kegiatan technical assistance untuk proses belajar mengajar serta materi dan kurikulum untuk bidang matematika. Rintisan kerjasama inilah yang pada akhirnya dapat menjembatani berdirinya Program Studi Matematika di Jurusan Teknik Sipil UNS berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 206/D2/1989 tanggal 26 Januari 1989. Selanjutnya pada tgl 12 Juli 1995 diusulkan kepada Dirjen Dikti tentang pendirian FMIPA UNS, yang pada akhirnya Mendikbud menerbitkan SK berdirinya FMIPA UNS tersebut. Pada tahun 1996 UNS memenangkan hibah DUE selama 5 tahun salah satunya untuk pengembangan FMIPA UNS. Program yang dilakukan adalah “staff development” atau studi lanjut (degree program), pengembangan laboratorium, program pengembangan kurikulum dan PBM.

 

Faktor yang mendorong berdirinya FMIPA UNS adalah adanya kenyataan bahwa dalam rangka peningkatan pelaksanaan pembangunan nasional diperlukan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS), yang berbasis pada ilmu-ilmu dasar (Basic Sciences) yang menjadi dasar pengembangan teknologi.

 

Adanya dukungan dana SP4, DUE-like dan PHK A2, serta dana-dana lain baik yang berasal dari dana rutin maupun kompetitif, selama lima tahun terakhir FMIPA telah berkembang pesat. Hal ini diindikasikan dari :

 

SDM FMIPA UNS mempunyai staf akademik yang tersebar di 5 jurusan sebanyak 125 dosen. Dari 125 dosen tersebut, 69.6% (87 dosen) telah menyelesaikan studi S2, 14.4% (18 dosen) telah menyelesaikan program S3 (Doktor) dan sisanya (16%, 20 dosen) masih S-1. Sedangkan dosen yang sedang mengikuti studi lanjut S-3, S-2 baik di dalam maupun di luar negeri adalah 45 orang. Dari 125 dosen tersebut 3 dosen yang memiliki jabatan akademik sebagai Guru besar, 27 Lektor Kepala, 59 Lektor, 29 Asisten Ahli dan 7 dosen yang belum memiliki jabatan akademik. Dari sisi terlihat bahwa tenaga dosen di FMIPA kebanyakan dalam usia muda yang produktif, yaitu sebanyak 82 dosen berusia antara 25-40th.

Program Studi Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika telah terakreditasi B. Sedangkan Program Studi Teknik Informatika yang menerima mahasiswa mulai tahun akademik 2007/2008 belum mengajukan akreditasi.

Fasilitas penunjang proses belajar mengajar. Peralatan komputer sebanyak 350 unit komputer yang telah terkoneksi dengan internet, 20 unit komputer notebook, 21 buah printer, 5 buah scanner, 20 buah UPS, 6 buah AC ruang, 18 buah LCD.

Dimenangkannya berbagai penelitian bergengsi baik tingkat nasional maupun internasional oleh para peneliti FMIPA, seperti RUT, Hibah Insentif, Hibah Bersaing, Pekerti, Penelitian Fundamental, PDM, ITSF, IPTEKDA, DCRG, TWAS.

Research Grant (hibah penelitian) yang melibatkan mahasiswa sehingga mampu meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa.

Teaching Grant (hibah pengajaran) untuk mata kuliah tertentu yang diperoleh melalui kompetisi yang sehat dapat meningkatkan proses belajar mengajar. Hasil dari kegiatan ini adalah tersusunnya SAP, handout mata kuliah (yang didalamnya memuat GBPP) serta diktat praktikum.

Untuk pengembangan jangka panjang, masing-masing jurusan di Fakultas MIPA mengembangkan konsentrasi-konsentrasi khusus, seperti di Jurusan Matematika dikembangkan 3 (tiga) bidang konsentrasi, yaitu matematika, statistika dan Teknik Informatika; di Biologi konsentrasi diarahkan pada biologi perairan tawar, Jurusan Kimia dengan konsentrasi diarahkan kepada kimia bahan alam, Jurusan Fisika dengan konsentrasi bidang material elektronik dan sumber energi terbarukan, sedangkan Jurusan Teknik Informatika dengan konsentrasi pada sistem teknologi informasi. Selain itu melalui Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 630/D/T2002 tanggal 3 April 2002, FMIPA telah mendapatkan ijin untuk pembukaan program D3 Ilmu Komputer dengan bidang keminatan Sistem Informatika, Manajemen Informatika dan Teknik Komputer.

 

Meskipun FMIPA UNS umurnya paling muda dibandingkan dengan Fakultas lainnya di lingkungan UNS, namum dalam berbagai hibah penelitian kompetitif telah dimenangkan oleh para peneliti MIPA, meskipun prosentasenya masih kurang optimal. Di bidang penelitian telah dimenangkan hibah penelitian seperti Hibah Bersaing, Pekerti, Fundamental, Penelitian Dosen Muda, RUT (Riset Unggulan Terpadu) dan Hibah Insentif dari Menristek, TWAS, IPTEKDA, dan DCRG.

 

Perencanaan Strategis

 

Sistem pengelolaan (manajemen) yang dilakukan di FMIPA UNS mengacu pada beberapa hal yakni: 1) Tujuan Pendidikan Nasional; 2) Kaidah moral dan etika ilmu pengetahuan; 3) Kepentingan masyarakat dan memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi, hak asasi manusia dan pelestarian lingkungan.; 4) Master Plan Pembangunan Solo sekitarnya Berbasis Daerah Aliran Sungai dijadikan keunggulan UNS dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi guna mencapai Visi Universitas Sebelas Maret.

 

Dengan mengacu kepada empat hal tersebut diatas, UNS mengawali langkah penyusunan evaluasi diri, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan internal dan eksternal. Dari evaluasi diri selanjutnya disusun rencana strategis jangka panjang (5-10 tahun). Renstra UNS disusun bersama dengan metode bottom up, hal ini dilakukan agar seluruh sivitas akademika merasa terlibat dan dilibatkan dalam merancang UNS ke depan. Renstra yang disusun disosialisasikan secara rutin oleh pimpinan universtas melalui berbagai pertemuan formal dan nonformal serta melalui media cetak dan elektronik. Masing-masing fakultas dan unit selanjutnya menyusun Renstra dengan mengacu kepada Renstra UNS sebagai payungnya. Dengan mekanisme ini, harapan terwujudnya satu visi yaitu menjadi universitas berbasis riset dapat segera diwujudkan.

 

Pembagian Tugas dan Wewenang

 

Sistem pengelolaan sumberdaya manusia di FMIPA UNS dimulai dengan menyusun rancangan dan analisis jabatan, uraian tugas, prosedur kerja, program peningkatan manajemen pengelolaan yang menuntun unit-unit kerja berjalan sesuai dengan fungsi masing-masing secara efisien dan efektif mulai dari fakultas, jurusan dan program studi. Disamping memberikan tugas, diberikan wewenang kepada setiap unit untuk mengelola sesuai standar fungsi masing-masing unit kerja.

 

Dalam mendukung terlaksananya kinerja yang baik dari masing-masing jurusan/program studi, fakultas menyediakan fasilitas, antara lain perpustakaan, lab komputer dan IT, kebun/lahan praktek, laboratorium riset dan praktikum, fasilitas olahraga seperti lapangan basket, futsal, volley ball. Selain itu, di lingkungan FMIPA UNS juga tersedia fasilitas kafetaria, fotokopi, warung yang menyediakan berbagai keperluan ATK yang umumnya dikelola swasta dan koperasi. Sedangkan ATM, Kantor Pos, Biro Tour and Travel terdapat di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS).

 

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan

 

Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh Tim Monevin UNS terhadap setiap unit kerja dengan kriteria dan instrumen penilaian berbasis kompetensi untuk mengukur kinerja unit proses pembelajaran, mengevaluasi program hibah kompetisi yang dilaksanakan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Ditingkat fakultas dan jurusan telah dilakukan pengelolaan yang terintegrasi dengan baik yang dapat menjadi gambaran bahwa sistem pengelolaan program studi telah dilaksanakan dengan baik. Program Studi di FMIPA UNS telah terakreditasi A dan B, sedangkan untuk S1 Farmasi, S1 Statistika dan D3 Farmasi sedang dalam proses pengajuan akreditasi.

 

Rancangan Pengembangan

 

Dalam rangka menuju pengembangan FMIPA UNS dalam berbagai bidang ke depan, FMIPA melakukan perubahan strategi 2011-2019. FMIPA melakukan pengembangan secara fisik maupun keilmuan. Secara fisik FMIPA membangun berbagai fasilitas terbaru, seperti gedung C, pembangunan sarana PBM dan berbagai fasilitas fisik lainnya. Sedangkan secara keilmuan di FMIPA berkembang pusat kajian/kelompok bidang keilmuan yang berfokus pada keunggulan lokal dan mengacu kepada visi dan misi UNS. Dalam mendukung pengembangan pengelolaan program agar dapat berjalan secara berkesinambungan dan terintegrasi ke depan, dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri. Kerjasama yang telah dilakukan menyangkut pada pengajaran dan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Diantaranya kerjasama dengan Batan, Bapeten, ITB, Kementrian Ristek RI, TWAS, Direktorat Dikmenum dan Pemerintah Daerah.

 

Kontak

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Sebelas Maret

Ir. Sutami No.36 A Surakarta 57126

Telp. (0271)669376, (0271)663375

Psw. 387, 386

Fax (0271)663375

Email : info@mipa.uns.ac.id

 

August 10, 2016