Selamat Datang di Website MIPAnet

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)

SEJARAH :

Pada awal berdiri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan membina 2 (dua) program studi yaitu : Program Studi Administrasi Pendidikan (Adpend) dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dengan jenjang pendidikan Sarjana (S.1). Kedua program studi ini dengan status terdaftar dengan Nomor : 377/DIKTI/KEP/1992.

Program studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) berlokasi di Serang, dan Program Studi Administrasi Pendidikan di Pandeglang. Program Studi Administrasi Pendidikan mengalami fisingout oleh pemerintah, sehingga sejak tahun 1987 sampai dengan sekarang tidak menerima mahasiswa baru lagi. Pada masa menjelang fisingout tersebut tercetus ide bersama untuk mengganti program studi dan berdirilah Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia pada tahun 1986. Karena ada beberapa kendala untuk mengurus status akreditasinya, maka Program Studi Diksatrasia bermerger dengan STKIP Galuh Ciamis. Sesuai dengan dinamika yang terjadi Program Studi Diksatrasia pada tahun 1990 beralih lokasi Operasional perkuliahan dari Pandeglang ke Serang sampai dengan sekarang. Baru pada tahun 1994 Prodi Diksatrasia memperoleh status terdaftar dengan surat keputusan Mendikbud RI nomor: 226/DIKTI/KEP/1992.

Tuntutan kebutuhan masyarakat terus berkembang terhadap FKIP dan untuk menjawab hal itu, maka pada tahun 1994 dibuka Program Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) dengan surat keputusan yayasan Pendidikan Tirtayasa. Berikutnya, pada tahun 2004 dibuka juga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S.1) dengan izin operasional Dikti Depdiknas RI nomor : 1254/D/T/2003. Berikutnya lagi pada tahun 2002 dibuka kembali dua Program Studi yakni Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika sekaligus mengusulkan status D.2 PGTK dan keluarlah izin operasional ketiga program studi itu dengan surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI nomor: 2098/D/T/2004, akan tetapi sekarang program D.2 PGTK telah diubah menjadi Program S.1 PG PAUD dengan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 105/D/O/2010.

VISI :

Menjadikan FKIP sebagai LPTK Penghasil dan Pengembang Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang Maju, Bermutu, dan Berkarakter.

MISI :

  1. Melaksanakan peningkatan dan pengembangan pendidikan dan perkuliahan yang memenuhi standard.
  2. Melaksanakan peningkatan dan pengembangan penelitian yang berkualitas, produktif dan kebermanfaatan bagi stakeholder.
  3. Melaksanakan peningkatan dan pengembangan pengabdian masyarakat yang melembaga.
  4. Menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkarakter sehingga mampu melakukan pengembangan ilmu keguruan dan pendidikan serta mampu melaksanakan tugas pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan.
  5. Melakukan peningkatan dan pengembangan jejaring kerjasama/kemitraan yang sinergis dan terkoordinasi dengan berbagai pihak yang relevan.
  6. Meningkatkan dan mengembangkan pemberdayaan ICT untuk mendukung ketercapaian visi.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang bermutu dan berkarakter.
  2. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang handal.
  3. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang berwawasan global sehingga mempunyai daya saing tinggi.
  4. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara untuk kemaslahatan umat manusia.
  5. Menghasilkan kajian-kajian ilmiah, khususnya dalam pendidikan dan keguruan, baik yang bersifat penemuan maupun pengembangan.

STATISTIK :

Dekan : Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd.

Jumlah Prodi : 16 prodi

Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Kewarganegaraan, Bimbingan Konseling, Pendidikan IPA, Seni Drama, Tari, dan Musik.

KONTAK :

Jl. Raya Jakarta KM. 4, Pakupatan, Serang – Banten

Telp : +62 254 280 330

Email: info@untirta.ac.id