Selamat Datang di Website MIPAnet

Universitas Tadulako (UNTAD)

Universitas Tadulako (UNTAD)

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan penyelenggaraan kegiatan akademik bidang MIPA, sejak tahun ajaran 1992/1993, UNTAD telah melakukan penjaringan mahasiswa bidang MIPA berprestasi guna mengikuti pendidikan strata sate (S1) MIPA di ITB, UGM, IPB dan UNHAS yang didanai oleh AIDAB, CIDA, ADB, BS-LPTK dan PGSM. Melalui proyek CTAB, sejak tahun 1996, UNTAD telah menerima tenaga-tenaga akademik baru yang telah menyelesaikan studi S2 di ITB dan UGM. Tenaga akademik MIPA yang ada juga senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan diri, antara lain dengan mengikuti pendidikan strata dua (S2) baik di dalam maupun di luar negeri. Mulai tahun 1997 tenaga-tenaga akademik yang mengikuti studi di dalam dan diluar negeri telah berhasil menyelesaikan studinya.

Sekarang ini FMIPA UNTAD memiliki 6 Program Studi yaitu Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, Farmasi, dan Statistik.

VISI

Pada 2020 Fakultas MIPA UNTAD unggul dalam pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan layanan pendidikan dan penelitian Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

MISI

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan bidang MIPA untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan mandiri dalam keilmuan dan terapannya serta mempunyai wawasan yang holistik dan mampu beradaptasi terhadap perubahan IPTEK yang sangat cepat.
  2. Mengembangkan FMIPA UNTAD agar mampu dan unggul dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam penerapan ilmu-ilmu MIPA.
  3. Menumbuhkembangkan kerjasama yang optimal dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat dan pemerintahdalam pengembangan dan penerapanilmu-ilmu MIPA yang berkaitan dengan Tridarma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan sains dan penerapannya yang menghasilkan kualitas lulusan yang bertaraf nasional.
  2. Mengembangkan objek kajian sains dan penerapannya secara berkesinambungan hingga mencapai standar nasional.
  3. Meningkatkan kualitas   dan   kuantitas   sumberdaya  manusia,  peralatan,   sarana prasarana guna mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.
  4. Memperbanyak kerjasama dan memperbaiki mutu link dengan institusi domestik maupun internasional untuk menopang peningkatan kemajuan kualitas SDM daerah.

SASARAN

Sasaran dan strategi pengembangan Fakultas MIPA UNTAD untuk mencapai tujuannya  adalah lebih  mengintensifkan  implementasi  IB (Institution  Building) dan TQM (Total Quality Management) untuk menjadikan kelemahan (weakness) dan tantangan (threats) menjadi kekuatan (strength) dan peluang (opportunities), yakni dengan :

  1. Meningkatkan kemampuan staf edukatif melalui studi lanjut dan pelatihan.
  2. Meningkatkan kemampuan staf dalam melakukan penelitian sebagai basis kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  3. Meningkatkan komitmen staf terhadap pengembangan fakultas.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan.
  5. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya bagi staf edukatif, non edukatif dan mahasiswa untuk menunjang kesiapan Fakultas MIPA dan alumninya.

KONTAK

Jl. Soekarno – Hatta Km. 9, Mantikulore

Palu, Sulawesi Tengah 94118

Telp : (0451) 422611, 422355

August 10, 2016