Selamat Datang di Website MIPAnet

Hasil Rapat Kerja MIPAnet 25 Agustus 2018

Hasil Rapat Kerja MIPAnet 25 Agustus 2018

Download pdf here

Hasil Rapat Kerja MIPAnet
25 Agustus 2018

Tempat: FMIPA ITB

Agenda Rapat

  1. Pengantar oleh Sekjen MIPAnet
  2. Sambutan pembukaan oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan
    (WRAM) ITB
  3. Paparan Program Kerja oleh Sekjen MIPAnet
  4. Diskusi dan Pembahasan

A. Pengantar dari Sekjen MIPAnet

MIPAnet berdiri sejak tahun 2000, sebagai pemrakarsa adalah Prof. Dr. Maman A. Djauhari (dekan FMIPA ITB) bersama beberapa dekan FMIPA dari institusi lain. Berarti, saat ini MIPAnet sudah berusia 18 tahun. MIPAnet telah menyelenggarakan visi dan misinya dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan MIPA. Diharapkan ke depan MIPAnet terus dapat melaksanakan persannya dalam mengembangkan matematika dan sains di Indonesia.
Kini, jumlah anggota MIPAnet ada sebanyak 75 fakultas dalam bidang MIPA (FMIPA/Ilmu Formal/Saintek). Hari ini, ada sebanyak 43 anggota MIPAnet yang hadir
dalam pertemuan Rapat Kerja.

B. Sambutan WRAM ITB – Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D

Saat ini, ITB menempati kampus jalan Ganesa 10 dengan luas kampus 28 ha dan telah menambah kampus di jatinangor dengan luas 42 ha. Sesuai dengan program provinsi Jawa Barat ITB diberi amanah untuk mengembangkan kampus di Cirebon. Dari luasan yang dimiliki, kampus ITB saat ini masih sangat kecil dan kurang jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, oleh sebab itu ITB ingin “minta keadilan” kepada Presiden RI dengan mengajukan lahan kampus di Walini seluas 350 ha.
Selanjutnya, Prof Bermawi menyampaikan bahwa peranan sains sangat penting dalam menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 sehingga pemerintah perlu memperhatikan dan memprioritaskan bidang-bidang sains. Engineering akan sangat sulit berkembang tanpa adanya dukungan sains dan riset-riset engineering pada dasarnya merupakan bagian dari applied dari sains.

C. Paparan Program Kerja

Diawali dengan acara perkenalan antar peserta Rapat Kerja yang hadir. Kemudian dipaparkan draf program kerja oleh Sekjen. Ada 5 program yang akan dilakukan dalam periode 2019-2020. Namun, sebelumnya disampaikan kembali visi-misi serta tujuan fungsi MIPAnet.

Visi: MIPAnet merupakan lembaga yang handal dan berpengaruh di dalam negeri dan diakui keberadaannya di luar negeri.

Misi:

  1. Memberikan kontribusi dalam kebijakan tentang ke-MIPA-an kepada Pemerintah dan masyarakat
  2. Memfasilitasi kerjasama antar anggota dan antara anggota dengan pihak luar dalam upaya meningkatkan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang MIPA
  3. Memfasilitasi pengembangan institusi anggota MIPAnet

Tujuan:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya keilmuan dan kependidikan MIPA
  2. Memperjuangkan kepentingan bersama meningkatkan kualitas SD keilmuan
  3. Meningkatkan peran MIPA di Indonesia

Fungsi:

  1. Menampung dan memasyarakatkan aspirasi dan pemikiran-pemikiran anggota MIPAnet
  2. Forum komunikasi lembaga pendidikan tinggi MIPA
  3. Wadah pemberdayaan lembaga pendidikan tinggi MIPA se Indonesia

Pengurus MIPAnet 2018-2020:
Sekretaris Jenderal: Prof. Dr. Edy Tri Baskoro (ITB)
Sekretaris Eksekutif: Prof. Dr. Sudradjat (UNPAD)
Bendahara: Dra. Lusiawati, M.Sc. (UKSW)

Website mipanet: mipanet.or.id
Anggota MIPAnet: 75 anggota.

Usulan Program Kerja 2019-2020:

  1. Penguatan kelembagaan MIPANet. Terutama untuk meningkatkan peran MIPANet di tanah air dan di tingkat regional dalam mendorong pengembangan sains dan matematika
  2. Peningkatan Kualitas Pendidikan MIPA di Indonesia. Kegiatan yang akan dilakukan meliputi:
    a)Pertukaran dosen dan mahasiswa,
    b)Penyelenggaraan Kuliah Singkat MIPANet di berbagai kampus
    c)Penyelenggaraan konferensi internasional.
    d)Sharing session dalam Akreditasi dan Pemenuhan standar
  3. Penyelenggaraan Rakornas/SEMIRATA/Rapat kerja MIPANet.
  4. Pengenalan dan Promosi Sains dan Matematika (outreach program). Kegiatan promosi ditujukan untuk lebih membumikan sains dan matematika kepada generasi muda agar mereka menyenangi belajar lebih lanjut tentang sains dan matematika
  5. Peningkatan kerjasama internasional. Kerjasama dengan organisasi sejenis di luar negeri, seperti ASDS dan organisasi profesi dalam bidang MIPA di luar negeri.

D. Diskusi dan Pembahasan Program Kerja:

  • 1. Kuliah Singkat MIPAnet meliputi semua bidang dalam MIPA: Fisika, Kimia, Biologi, Matematika dan Statistika. Penyelenggaraan MIPAnet diberikan bantuan parsial oleh MIPAnet, biaya selebihnya Fakultas penyelenggara yang mengusahakan. Jumlah Kuliah Singkat MIPAnet setiap tahunnya 10 buah dan penyelenggaraannya diharapkan menyebar. Setiap penyelenggaraan Kuliah Singkat MIPAnet harus menyiapkan proposal yang akan direview oleh KA-MIPAnet untuk mendapatkan saran perbaikan dan penyempurnaan. Keputusan siapa yang menyelenggarakan ditetapkan oleh Pengurus MIPAnet.
  • 2. Penyelenggaraan Kuliah Singkat MIPAnet diharapkan dapat ditawarkan kepada semua Fakultas dan ditetapkan oleh Rapat kerja siapa yang akan menyelenggarakannya, tidak harus melalui kompetisi (lebih baik bersifat kooperasi).
  • 3. Disarakan nama Kuliah Singkat MIPAnet diganti dengan MIPAnet School, dan disetujui oleh Rapat.
  • 4. Untuk tahun 2019, penyelenggara MIPAnet School telah ditetapkan oleh Rapat kerja MIPAnet sebagai berikut:

  • 5. Kesepuluh penyelenggara MIPAnet School 2019 di atas harus membuat proposal penyelenggaraannya dan dikirim ke Komite Akademik MIPAnet paling lambat 20 November 2018 untuk mendapatkan review.
  • 6. Setiap Fakultas anggota MIPAnet diwajibkan untuk mengirim 1-2 mahasiswa ke salah satu MIPAnet School yang diadakan pada tahun tersebut dengan biaya sendiri.
  • 7. Untuk ke depan, diharapkan MIPAnet School dapat dihargai dalam SKS dan dapat digunakan sebagai credit transfer. Namun, hal ini perlu dirancang dengan seksama silabus perkuliahannya termasuk proses penilaiannya.
  • 8. Perlu dijajagi untuk mengusulkan pendanaan MIPAnet School ke LPDP.
  • 9. Pertukaran dosen dan mahasiswa akan dikoordinasikan oleh Prof. Sudradjat (Sekretaris Ekskutif) dan Dr. Siti Fatimah (UPI).
  • 10. Setiap Fakultas anggota MIPAnet diwajibkan mengirim dosen dan/atau mahasiswanya ke universitas lain untuk keperluan pertukaran dosen/mahasiswa dalam kurun waktu 3-5 hari. Setiap fakultas anggota MIPAnet juga diharapkan bersedia menerima kunjungan dosen/mahasiswa sebagai bagian dari program pertukaran dosen/mahasiswa.
  • 11. Outreach program perlu dijalankan dengan gencar untuk menarik generasi muda agar menyenangi MIPA dan meningkatkan intakes mahasiswa melalui berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh beberapa universitas perlu dicontoh. Misalnya, oleh IPB: kegiatan Fiesta Sains (setiap November) dan Kuliah sehari MIPA-IPB yang diikuti oleh ribuan siswa dan guru; oleh ITB: Kuliah Umum FMIPA ITB yang diselenggarakan 4 kali setahun sejak 2015 (videonya diunggah di youtube untuk dapat dinikmati oleh masyarakat luas). Fakultas di PTS juga telah banyak melakukan outreach program. MIPAnet diharapkan terus mendorong dan menganjurkan semua kegiatan outreach untuk membumikan dan mensosialisasikan kekuatan MIPA, termasuk sosialisasi profesi dalam MIPA. Program popular dalam MIPA di acara TV juga perlu didorong.
  • 12. Website MIPAnet perlu diupdate beritanya. Untuk itu, semua anggota dapat mengirimkan berita tentang kegiatan-kegiatannya. Semua kegiatan yang berkaitan
    dengan MIPA diharapkan dapat direkam dalam website MIPAnet. Admin untuk masing2 anggota MIPAnet telah diberikan usernamenya. Adapun password untuk
    akses akan diberikan via email.
  • 13. Perlu terus dibangun sinergitas antara MIPAnet dengan kegiatan-kegiatan BKS-PTN wilayah barat Bidang MIPA yang telah banyak aktif. Demikian juga perlu
    ditumbuhkan kerjasama dengan BKSPTN wilayah tengah dan timur.
  • 14. MIPAnet juga diharapkan dapat berperan dalam mendorong pengembangan pendidikan MIPA dan pengembangan profesi MIPA.
  • 15. Konferensi dan pertemuan ilmiah dianjurkan banyak diadakan di luar jawa.
  • 16. UM Malang ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASDS di tahun 2019. Waktu penyelenggaraan tanggal 5-7 Juli 2019 (tentative).
  • 17. FMIPA USU ditetapkan sebagai tuan rumah dalam rangka penyelenggaraan Rapat tahunan MIPAnet 2019. Venue yang diusulkan adalah di Parapat/danau toba. Waktu penyelenggaraan: bulan September 2019.
  • 18. Even serial konferensi internasional yang telah diselenggarakan oleh MIPAnet sejak di Manado dan Ambon perlu mempunyai nama tersendiri. Untuk itu, mulai
    penyelenggaraan di Medan mendatang, nama konferensi akan terus tetap digunakan. Perlu ditetapkan nama konferensinya. Diusulkan: International Conference on Advanced Science and Mathematics (ICASM).
  • 19. MIPAnet diharapkan dapat membuat kalender kegiatan MIPAnet 2019 yang berisi tentang kegiatan-kegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh semua anggota.
  • 20. WAG untuk keluarga besar MIPAnet perlu dijajagi untuk dibuka.
  • 21. Buku profil MIPAnet perlu dijajagi untuk dibuat.
  • 22. Terakhir, program kerja MIPAnet 2019-2020 disahkan oleh Rapat Kerja MIPAnet.

 

Bandung, 25 Agustus 2018
Sekretaris Eksekutif
Prof. Dr. Sudradjat
Mengetahui,
Sekretaris Jenderal MIPAnet
Prof. Dr. Edy Tri Baskoro