Selamat Datang di Website MIPAnet

Jaringan Syaraf Tiruan Deteksi Kebutuhan Bayi dari Suaranya

Jaringan Syaraf Tiruan Deteksi Kebutuhan Bayi dari Suaranya

Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Ir. Agus Buono, M.Si, M.Kom mengembangkan jaringan syaraf tiruan sebagai media pencocokan sistem suara bayi. Penelitian ini dilakukan Dr. Agus bersama mahasiswanya. Pada penelitian ini algoritma menjadi sistem yang dapat mendeteksi tangisan bayi berdasarkan kebutuhannya dengan memasukkan informasi jenis suara bayi seperti tersedak, kurang nyaman, haus, lapar atau takut. Informasi  jenis suara diperoleh dari bidan.

Sistem tersebut kemudian dimasukkan ke dalam handphone dan tinggal diperdengarkan suara tangisannya yang berupa frekuensi sinyal analog. Lalu diproses menjadi sinyal digital dan dideteksi tiap segmen waktu tertentu serta diproses menjadi vektor yang dicocokkan ke dalam mesin pengenalan berupa cetakan-cetakan data training. Pencocokan ini menggunakan jaringan syaraf buatan.

Rencananya sistem suara bayi ini akan dipatenkan dan telah masuk dalam anugerah inovasi. Dr. Agus berharap penelitian ini menjadi suatu inovasi baru dan dapat membangun sistem bagi model-model lain.