Selamat Datang di Website MIPAnet

MDSM-MIPAnet Workshop Enhancing Regional Collaboration in Science and Mathematics Education and Research

MDSM-MIPAnet Workshop Enhancing Regional Collaboration in Science and Mathematics Education and Research

MIPAnet bekerjasama dengan Majlis Dekan Sains Malaysia (MDSM) menyelenggarakan MDSM-MIPAnet Workshop on Enhancing Regional Collaboration in Mathematics and Science Education and Research di Kuala Lumpur pada tanggal 25-27 Januari 2019 yang lalu. Workshop ini bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan kerjasama tingkat regional yang telah terjadi antar fakultas bidang MIPA dari Indonesia dan Malaysia.

Workshop yang membahas tentang kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian ini dihadiri oleh 25 fakultas bidang MIPA dari 23 universitas di Indonesia dan 20 fakultas/sekolah bidang MIPA dari 16 universitas di Malaysia.

Delegasi dari Indonesia berasal dari ITB, UNPAD, UGM, ITS, UNAIR, UKSW, UNS, UNJA, UNRAM, UB, UM Malang, UPR, UNRI, USU, UT, UNISBA, UNDIP, UNIMED, UNEJ, UNPAK, UIN Alauddin Makassar, UIN Syarif Hidayatullah dan UNTAN. Delagasi dari Malaysia yang hadir berasal dari UPM, UM, UKM, USM, UTM, UniMAS, UiTM, UMS, UUM, UMT, UIAM, UTHM, USIM, UMP, dan Universitas Malaysia Terengganu.

“Matematika dan Sains harus terus dikembangkan dalam menghadapi kehidupan masa depan. Hal ini karena sains dan matematika merupakan sumber inovasi dan penciptaan teknologi baru. Kebutuhan akan kehadiran sains dan matematika semakin dirasakan meningkat dalam berbagai sendi kehidupan. Namun, seperti hal-hal lainnya, sains dan matematika  bisa berkembang dengan sangat pesat bila kita saling berkolaborasi”, demikian tutur Edy Tri Baskoro Sekretaris Jenderal MIPAnet dalam membuka acara workshop tersebut. Mohd Basyaruddin Abdul Rahman ketua MDSM juga menekankan penting kolaborasi antar Malaysia-Indonesia yang mempunyai kultur relatif sama. Sehingga usaha kolaborasi dalam bidang pendidikan dan penelitian mestinya tidak akan banyak menemui kendala. Saat ini, dia menambahkan, sudah ada kerjasama yang terjalin di antara kedua negara, di antaranya dalam student-mobility. Hal ini ke depan harus terus menerus ditingkatkan dan dibina untuk dapat maju sama-sama dalam bidang sains dan matematika.