Selamat Datang di Website MIPAnet

MIPAnet dan FMIPA USU menggelar IMC-SciMath 2019

MIPAnet dan FMIPA USU menggelar IMC-SciMath 2019

MIPAnet dan FMIPA USU menggelar IMC-SciMath 2019

Keindahan Danau Toba sudah tersohor ke seluruh penjuru dunia. Danau yang merupakan danau vulkanik tersebar di dunia ini menjadi tempat acara konferensi internasional yang diselenggarakan oleh MIPAnet dan FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU). Konferensi “the 1st International Conference on Science and Mathematics”, disingkat IMC-SciMath2019, ini berlangsung 9-11 Oktober 2019 bertempat di Hotel Niagara Parapat.

Konferensi ini merupakan serial konferensi baru yang diprakarsai oleh MIPAnet. Sejak 2000, MIPAnet telah berkomitmen menyelenggarakan konferensi tahunan dalam sains dan matematika secara teratur dengan nama yang berbeda dan dilakukan di seluruh negeri. Dimulai dengan konferensi ini, MIPAnet akan melanjutkan komitmennya untuk mengadakan konferensi tahunan dengan nama yg sama, yakni IMC-SciMath. Komitmen ini semata-mata sebagai bagian dari misi MIPAnet.

Hadir dalam IMC-SciMath 2019 sebagai keynote speaker adalah Prof. Isao Watanabe (RIKEN AICS, Jepang), Prof. Ludovic Rifford (Universite Nice Sophia Antipolis, Perancis), Prof. Dr. H. Zulkardi, M.I.Komp (Universitas Sriwijaya), Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha (Institut Teknologi Bandung), Prof. Dr. Saib Suwilo, M.Sc (Universitas Sumatera Utara).

Sebagai invited speakers hadir Dr. Ir. Sri Nurdiati (IPB), Prof. Dr. Unang Supratman (Unpad), dan Prof. Dr. Dwi Suryanto (USU). Selain itu ada lebih dari 160 pemakalah kontributif.

Kenferensi yang dihadiri oleh sekitar 350 dosen, peneliti dan para dekan bidang MIPA se Indonesia ini dibuka oleh Wakil Rektor III USU Drs Mahyuddin K.M. Nasution, M.I.T., Ph.D. Sekjen MIPAnet Prof Edy Tri Baskoro, PhD juga memberikan sambutan dalam acara pembukaan yang menekankan pentingnya penguasaan dan pengembangan sains dan matematika untuk menguatkan kemandirian bangsa. Inovasi dan teknologi baru yang bersumber dari penemuan dalam bidang sains dan matematika biasanya dapat mendongkrak perekonomian negara secara signifikan. Jadi, untuk menjadi kuat dan berdaya saing global, bangsa Indonesia harus menguasa dan mengembangkan sains dan matematika. Sekjen MIPAnet juga mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Dekan FMIPA USU Prof Dr. Kerista Sebayang dan Ketua Panitia konferensi IMC-SciMath2019 Saharman Gea, PhD atas terselenggaranya IMC-SciMath2019 dengan sangat baik. Juga, terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara serta Bupati Tobasa dan Bupati Simalungun atas supportnya dalam penyelenggaraan konferensi ini.

Rapat Kerja MIPAnet juga diselenggarakan di tengah-tengah konferensi. Rapat kerja yang dihadir oleh sekitar 70 dekan dan wakil dekan bidang MIPA se Indonesia ini membahas tentang tentang akreditasi, lembaga akreditasi mandiri bidang MIPA dan program kerja MIPAnet 2020.

Konferensi IMC-SciMath kedua (tahun depan 2020) akan diselenggarakan di Labuan Bajo atas kerjasama MIPAnet dengan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana (Undana).