Selamat Datang di Website MIPAnet

MIPAnet Gandeng HKI, HFI, INDOMS DAN Biologi IPB Untuk Pelaksanaan Program Revitalisasi Bidang Ilmu MIPA

MIPAnet Gandeng HKI, HFI, INDOMS DAN Biologi IPB Untuk Pelaksanaan Program Revitalisasi Bidang Ilmu MIPA

Untuk mengimplementasikan program Revitalisasi Bidang Ilmu MIPA dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA) DIKTI, MIPANET menggandeng HKI untuk bidang Kimia, HFI Wilayah Joglosepur untuk bidang Fisika, IndoMS untuk bidang Matematika dan Prodi Biologi IPB untuk bidang Biologi. Untuk mematangkan konsep Program Revitalisasi ini telah dilakukan pertemuan awal di Yogyakarta 30 dan 31 Agustus 2013 yang dihadiri oleh Muhammad Nur (Sekjen MIPANET), Yandi Syukri (Sekretaris Eksekutif MIPANET), Muhammad Martoprawiro (HKI), Sri Wahyuni (IndoMS), Ahmad Kusumaatmaja (HFI) dan Iman Rusmana (Ketua Departemen Biologi IPB).

Pertemuan awal ini bertujuan untuk mematangkan konsep bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan, jadwal kegiatan dan lokasi kegiatan. Pemateri dalam setiap kegiatan juga telah ditentukan sehingga pelaksanaan teknis setiap kegiatan diharapkan tidak ada kendala yang berarti. Hal yang penting disepakati dalam pertemuan ini adalah :

  1. Diskusi MIPANet dengan IndoMS, HKI, HFI, Himpunan Biologi Indonesia tentang Kurikulum standar nasional dengan narasumber BAN PT, BNSP dan KKNI yang akan diselenggarakan di Yogyakarta 27 September 2013.
  2. FGD Penyusunan Modul – modul pembelajaran Sains dasar secara on line dan dapat dimanfaatkan secara nasional yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, 28 dan 29 September 2013
  3. Workshop dan diskusi/kerja mandiri pada masing-masing Bidang Ilmu dalam rangka penyusunan kurikulum inti nasional, learning outcome KBK dan penetapan metode pembelajaran serta evaluasi untuk sarjana dan pendidikan yang akan diselenggarakan secara mandiri oleh HKI, HFI, IndoMS dan Biologi IPB.
  4. Workshop dan diseminasi KBK masing-masing bidang keilmuan dan pembelajaran on line bidang Sains dasar bersama Khan Academy yang diselenggarakan di Semarang tanggal 18 atau 23 November 2013.