Selamat Datang di Website MIPAnet

MIPANet Schools

MIPAnet mengundang semua Fakultas/Sekolah dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), termasuk bidang pendidikannya di tanah air untuk menyelenggarakan MIPAnet School selama 3-hari. Tujuan dari MIPAnet School ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk mendapatkan pengalaman belajar tingkat lanjut dalam topik/bidang perkuliahan tertentu. Program ini juga dirancang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan belajar mandiri.

Semua Fakultas/Sekolah dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta bidang pendidikannya dapat mengusulkan penyelenggarakan MIPAnet School melalui proses review oleh Komite Akademik MIPAnet. Topik yang ditawarkan diharapkan merupakan salah satu dari topik unggulan yang dimiliki oleh Fakultas/Sekolah tersebut.

Setiap tahun, sedikitnya 10 MIPAnet School dijadwalkan untuk diadakan, dan diharapkan tersebar di berbagai universitas. Usulan penyelenggaraan MIPAnet School diharapkan dapat dikirimkan kepada Komite Akademik MIPAnet untuk direview. Setiap MIPAnet School diberikan oleh dosen setempat dan sedikitnya 1 dosen dari luar universitas/daerah dan diharapkan dapat diikuti oleh 40-50 mahasiswa, termasuk dari luar daerah.  Dengan skema tersebut, diharapkan MIPAnet school tersebut dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran dari program studi sarjana.

Setiap MIPAnet School akan diberikan bantuan parsial oleh MIPAnet dan diharapkan panitia lokal untuk dapat mencari sumber dana lainnya untuk menyelenggarakan MIPAnet school tersebut.

Proposal/Usulan penyelenggaraan MIPAnet School 2020 dapat dikirimkan kepada:

E.T. Baskoro, Prof. (ebaskoro@fmipa.itb.ac.id) dan Sudradjat, Prof. (sudradjat@unpad.ac.id)

sebelum tanggal 20 Nopember 2019. Penetapan Daftar MIPAnet School akan dilakukan pada tanggal 20 Desember 2019. Laporan penyelenggarakan MIPAnet School harus disampaikan paling lambat 2 minggu setelah penyelenggaraan MIPAnet school tersebut.