Selamat Datang di Website MIPAnet

Notulen 13 Desember 2002

Notulen 13 Desember 2002

RISALAH RAPAT

 

Hari/Tanggal   : Jumat, 13 Desember 2002

Tempat            : Ruang 311 Lt. 3 Kampus Anggrek, FMIPA Universitas Bina Nusantara Jakarta

Agenda            : Rapat MIPAnet

PELAKSANAAN

Peserta            : terlampir

Uraian Kegiatan Rapat :

  • Sekjen menyampaikan informasi bahwa DIKTI saat ini sedang menawarkan program PEKERTI dan program Hibah Tim Pascasarjana. Hendaknya MIPAnet dapat berperan dalam menyukseskan program tersebut dan membantu anggota untuk mengikuti/melaksanakan program tersebut.
  • Moedomo: Dengan memperhatikan kondisi situasi pendidikan nasional dan dengan memperhatikan persoalan yang seang dihadapi oleh pemerintah dalam bidang pendidikan maka salah satu challenges yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh MIPAnet adalah bagaimana MIPAnet dapat ikut mewujudkan policy nasional pada tingkat operasional (pembelajaran di kelas – interaksi guru dan siswa). MIPAnet harus mengetahui kekuatannya dan menggunakannya dalam rangka men-sinergis-kan lembaga MIPa se Indonesia. MIPAnet harus dapat menyatakan posisi-nya dalam menghadapi persoalan pendidikan nasional. MIPanet harus dapat menrancang kegiatan yang bersifat concrete-small scale-sustainable.
  • Beberapa pandangan muncul dalam rapat:
  • Permasalahan pendidikan nasional harus dilihat secara global (komprehensif), yakni mulai dari SD, SMP, SMU dan perguruan tinggi.
  • Sekedar training saja tidak menjawab permasalahan mengingat perubahan kultur harus dihasilkan. Training harus dipandang sebagai bagian dari pemberdayaan diri (life-long learning).
  • Pendekatan partisipatoris (classroom action research) mungkin dapat digunakan sebagai alternatif. Namun demikian, sustainability masih tetap merupakan persoalan utama yang perlu dicermati.
  • Hasil/dampak kegiatan MIPAnet selama ini masih belum dapat terasakan oleh anggota. Sosialisasi program MIPAnet sangat diperlukan kepada anggota maupun kepada masyarakat.
  • Pelibatan ahli psikologi dan pemanfaatan pendekatan psikologi perlu juga diperhatikan dalam penanganan persoalan pendidikan nasional.
  • MIPAnet diharapkan dapat berperan sebagai partner independent dari pemerintah.
  • MIPAnet dapat menjajagi kerjasama dengan JICA, contact person: Dr. Hari Firman (UPI) dan Prof. Oetomo (JKT). Salah satu kegiatan yg mungkin dapat dilakukan adalah “Kegiatan exchange experience” (salah satu kegiatan JICA secara nasional).
  • Apakah MIPanet dapat berperan sebagai pengganti Konsorsium MIPA dan/atau KDI ?
  • Dari uraian di atas, para direktur bersama manajernya akan membuat program yang konkret.

Kesimpulan Rapat :

  1. MIPAnet akan membuat position paper dalam menyikapi persoalan pendidikan nasional. Melalui position paper ini diharapkan masyarakat dan pemerintah mengetahui tentang standing-position MIPAnet, dan MIPAnet secara committed melaksanakannya sebagai pijakan dari program-programnya. Untuk itu, telah dibentuk Tim Perumus Position paper yang terdiri dari: Prof. Dr. Moedomo, Prof. Dr. Maman A. Djauhari, Bana Kartasasmita, Prof. Dr. Subanar, Prof. Dr. Sukarti Moeljopawiro, M.App.Sc, Dr. Ir. Suheimi Nurusman, Prof. Dr. Sugeng Mardiono, Dr. Edy Tri Baskoro, Drs. Marsigit, MA, Dekan FMIPA UNY.
  2. Tim Perumus akan melakukan rapat tanggal 17 Januari 2003, jam 14.00 – 17.00 dan 18 Januari, jam 14.00 – 17.00 bertempat di FMIPA Universitas Negeri Yogjakarta (UNY).
  3. Perlu dilakukan pembahasan tentang rambu-rambu dalam MIPAnet melakukan kerjasama baik dengan pihak luar maupun dengan lembaga anggota MIPAnet.
  4. Job description dan pembagian tugas untuk para manajer diserahkan kepada direktur.
  5. Direktur dan para manajer telah menerima pendelegasian kewenangan terbatas pada bidangnya. Untuk itu, para direktur dan manajer dilengkapi dengan kop surat dan stempel. Setiap surat keluar dari direktur memberikan tembusannya kepada Sekjen dan setiap surat keluar dari manajer memberikan tembusannya kepada sekjen dan direktur yang membawahinya.
  6. Semua aliran dana untuk kegiatan MIPanet harus dengan disposisi Sekjen. Aliran dana hasil kerjasama ke Bendahara masih harus dirumuskan.
  7. SK Pengurus Harian akan dibuat segera, tinggal konfirmasi dari Dr. Soehardjo Poertadji. Serta, Sekjen akan menghubungi Dekan UPI untuk meminta pengganti Drs. Ijang Rohman, M.Si.
  8. Ditetapkan nama MIPanet dalam bahasa Inggris adalah: The Indonesian Network of Mathematics and Natural Sciences Institutions.
  9. Sekjen akan memberitahu para Dekan yang duduk dalam Dewan Pengurus.
  10. Merespons tawaran DIKTI hibah PEKERTI, MIPAnet akan membantu anggota yang ingin menjadi TPP dalam mencarikan TPM untuk melakukan hibah PEKERTI tersebut.
  11. Format sertifikat keanggotaan telah disepakati. Dengan demikian, dalam waktu dekat setiap akan yang telah memberikan kontribusi akan diberi sertifkat keanggotaan dan sekaligus hasil Lokakarya MIPAnet di Jakarta yang lalu. Untuk itu, Bendahara diharapkan dapat memberikan data anggota yang telah membayar.
  12. Rapat bidang (direktur dan manajer) untuk membahas program kerja yang konkret akan dilakukan pada tanggal 10 Januari 2003: 09.00 – selesai, di Ruang Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
  13. Pengkodean nomor surat adalah sebagai berikut:

 

Nomor             : No-urut / Bidang / MIPAnet / Tahun

Keterangan      :

No-urut            : nomor urut surat dalam bidang yang dinaunginya, 3 digit.

Bidang             :

PST            : Pengurus Pusat

Bend                      : Bendahara

DirPBang               : Direktur Pengembangan

Dikjar                     : Manajer Pendidikan dan Pengajaran

Litbang                  : Manajer Penelitian dan Pengembangan

Masy                     : Manajer Pengabdian Masyarakat

DirKom                  : Direktur Komunikasi

KomElek                : Manajer Komunikasi Elektronik

KomTak                 : Manajer Komunakasi Cetak

DirKerma               : Direktur Kerjasama

KermaDN               : Manajer Kerjasama Dalam Negeri

KermaLN                : Manajer Kerjasama Luar Negeri

Tahun              : e.g. 2003, 2004, …

 

  1. Untuk sementara, anggota Majelis tetap 6 orang. Prof. Mawengkang duduk di Dewan Pengurus sebagai Dekan FMIPA USU.

 

Bandung, 19 Desember 2002

Dibuat oleh

Dr. Edy Tri Baskoro

Sekretaris Eksekutif

 

 

 

Lampiran :

Peserta Rapat

  • Dr. Moedomo
  • Dr. Maman A. Djauhari
  • Dr. M. Noor Jalaluddin
  • Gerardus Polla, M.App.Sc.
  • Marsigit, MA
  • Rukaesih Achmad, M.Si.
  • Wikaria Gazali, S.Si., M.T.
  • A.P. Hardhono
  • Ir. D. Djokosetiyanto
  • Ir. Suheimi Nurusman
  • Lukman Hakim, MM
  • Edy Tri Baskoro