Selamat Datang di Website MIPAnet

Notulen Rapat MIPAnet Malang, 11 Juli 2019

Notulen Rapat MIPAnet Malang, 11 Juli 2019

Download pdf here

Notulen Rapat MIPAnet
Malang, 11 Juli 2019

Tempat: Hotel Santika Premiere, Malang
Pukul: 11.0 – 12.30
Agenda Rapat

  1. Pengantar oleh Sekjen MIPAnet
  2. Laporan MPAnet School
  3. Persiapan IMC SciMath Conference, di Parapat Sumatera Utara
  4.  Dan lain-lain

Hadir: Sri Nurdiati (FMIPA IPB), Ari Hayati (FMIPA Unisma), Hadi Suwono (FMIPA UM), Agus Rubiyanto (FS ITS), Abdul Gafur (FMIPA Univ. Lambung Mangkurat), Benny Pinontoan (FMIPA Unsrat), Hendra Syarifuddin (FMIPA UNP), Afghani Jayuska (FMIPA Univ. Tanjungpura), Sudrajat (FMIPA Unpad), I Nengah Suparta (Undiksha), Martina Restuati (FMIPA Unimed), Yulkifli (FMIPA UNP), Edy Tri Baskoro (FMIPA ITB).

A. Pengantar dari Sekjen MIPAnet
Terima kasih disampaikan kepada semua anggota MIPAnet atas kerjasamanya dalam
menjalankan program kerja MIPAnet 2019-2020. Terutama, penyelenggaraan MIPAnet School telah mendapatkan banyak dukungan dari para anggota MIPAnet.
MIPAnet juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada FMIPA Universitas Negeri Malang atas terselenggaranya the 5th Asian Science Deans Summit (ASDS) dengan baik dan lancar. Dalam pertemuan ini, telah dideklarasikan kelahiran asosiasi dekan Sains se-Asia dengan nama: Asian Science Deans Association (ASDA) untuk meneruskan visi-misi ASDS ke depan.
Kami juga berterima kasih atas diberikan waktu/kesempatan untuk melakukan Rapat MIPAnet di sela-sela penyelenggaraan ASDS ini.

B. Laporan Penyelenggaran MIPAnet School
Seperti yang kita ketahui bersama, penyelenggaraan MIPAnet School tahun ini 2019 ada
sebanyak 11 kali, yang diselenggarakan di berbagai universitas (lihat Tabel 1).

Hingga saat ini, kita telah menyelenggarakan sebanyak 5 MIPAnet Schools (sesuai dengan jadwal di atas). Kelima MIPAnet Schools ini terselenggara di beberapa universitas: IPB, ITB, Universitas Mulawarman, ITS, dan UI, dengan topik pembahasan yang beraneka ragam. MIPAnet Schools ini dihadiri oleh sebanyak 195 mahasiswa dari 78 universitas/institusi. Adapun pengajar kelima MIPAnet Schools tersebut ada sebanyak 21 dosen/peneliti dari berbagai universitas. Tabel 2 memberikan gambaran dari kelima MIPAnet Schools tersebut.

C. Persiapan IMC-SciMath Conference

Disampaikan kembali bahwa FMIPA USU dan MIPAnet akan menyelenggarakan konferensi internasional berjudul: International MIPAnet Conference on Science and Mathematics (IMC-SciMath), di Niagara Hotel Parapat pada tanggal 9-11 Oktober 2019 (lihat https://ocs.usu.ac.id/IMC-SciMath/index/schedConfs/current). Kami sangat berharap semua dekan dapat menganjurkan dosen dan mahasiswa untuk mengikuti konferensi ini. Di tengah konferensi ini, MIPAnet juga akan menyelenggarakan Rapat Kerja MIPAnet tanggal 10 Oktober 2019, di Parapat. Agenda Rapat Kerja meliputi pembahasan tentang penyelenggaraan MIPAnet School 2020.
Biaya registrasi (tanpa proceeding) untuk anggota MIPAnet: Rp 1,5juta (termasuk biaya penginapan di hotel Niagara Parapat). Kami mengundang semua dekan (anggota MIPAnet) untuk dapat mengikuti konferensi ini serta menghadiri Rapat Kerja MIPAnet. Undangan Rapat Kerja MIPAnet tanggal 10 Oktober 2019 akan menyusul disampaikan.

D. ASDS

Atas nama MIPAnet, kami mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada FMIPA UM atas terselenggaranya the 5th ASDS dengan baik dan lancar. Semoga penyelenggaraan ini dapat menguatkan networking serta kerjasama Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat antara anggota MIPAnet dan MDSM serta dengan Fakultas Sains dari universitas se-Asia. Dalam pertemuan ini, telah dideklarasikan kelahiran asosiasi dekan Sains se-Asia dengan nama: Asian Science Deans Association (ASDA) untuk meneruskan penyelenggaraan ASDS ke depan. Kegiatan ASDS berikutnya (dalam payung ASDA) akan diselenggarakan di UKM, Malaysia tahun 2020, diikuti dengan konferensi internasional.

E. Dan lain-lain

Iuran anggota. Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua anggota MIPAnet yang telah melaksanakan kewajiban iuran anggotanya. Iuran ini dipergunakan untuk melaksanakan program kerja MIPAnet (meliputi: MIPAnet Schools, konferensi internasional, rapat kerja, dan kegiatan lainnya). Bagi yang belum, dipersilahkan menghubungi bendahara.

MoA. Dalam acara IMC-SciMath nanti, akan ada acara penandatanganan kerjasama (MoA) antara anggota MIPAnet.

Workshop. Workshop tentang akreditasi dan/atu kurikulum perlu diadakan untuk menguatkan penguatan akreditasi program studi kita. Dipandang perlu adanya database tentang profil akreditasi prodi dari masing2 Fakultas anggota MIPAnet

 

Bandung, 20 Juli 2019
Sekretaris Jenderal MIPAnet
Prof. Dr. Edy Tri Baskoro