Selamat Datang di Website MIPAnet

RAPAT KERJA MIPANET PERTAMA KALI SECARA DARING 2 MEI 2020

RAPAT KERJA MIPANET PERTAMA KALI SECARA DARING 2 MEI 2020

Bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020, MIPAnet mengadakan rapat kerja secara online. Ini adalah rapat kerja MIPAnet yang diadakan secara online pertama kali semenjak berdirinya MIPAnet tahun 1999. Rapat ini dihadiri oleh sekitar 43 dekan fakultas MIPA anggota MIPAnet. Rapat dibuka oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) MIPAnet Prof. Dr. Edy Tri Baskoro dengan membahas dua agenda. Agenda pertama adalah pembahasan implementasi penyelenggaraan MIPAnet School di tahun 2020. Dalam Raker ini, Sekjen juga melaporkan bahwa penyelenggaraan MIPAnet School di tahun 2019 telah sangat berhasil.  “Ada sebanyak 11 MIPAnet School yang terselenggara di tahun 2019, yang dihadiri oleh sekitar 467 mahasiswa S1 dan S2 dari 112 universitas di Indonesia dengan jumlah dosen pemateri ada sebanyak 52 orang. Hal ini merupakan suatu kerjasama yang patut kita syukuri”, demikian ucap Sekjen.  Secara rinci, terdapat 7 MIPAnet school yang diselenggarakan oleh universitas di pulau Jawa, 2  MIPAnet School diadakan di Sumatera, 1 MIPAnet School di Kalimantan dan 1 MIPAnet School di Sulawesi.

Penyelenggaraan MIPAnet School di tahun ini (selama masa pandemi Covid19 dan pasca pandemi) akan mendapatkan tantangan besar. Direncanakan akan ada sedikitnya 14 MIPAnet School di tahun 2020. Satu MIPAnet School tahun 2020 telah terselenggara berkerjasama dengan FMIPA UNISBA pada tanggal 21-23 Februari 2020 lalu dengan judul: “PENGANTAR IMPLEMENTASI PEMODELAN STOKASTIK”. Lainnya akan membutuhkan penjadwalkan dan perencanaan ulang. Disepakati MIPAnet School akan dibuat dalam bentuk workshop online dengan memberikan SKS kepada mahasiswa yang mengikutinya.

Agenda kedua, dibahas tentang peranan MIPAnet dalam rangka mengimplementasikan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tentang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM),  khususnya, kebijakan Hak belajar tiga semester di luar program studi. Kebijakan ini memberikan hak kepada mahasiswa untuk maksimun 2 semester belajar di luar perguruan tingginya dan maksimum 1 semester belajar di luar prodi di perguruan tingginya. Universitas/prodi harus memberikan layanan kepada mahasiswa untuk dapat menjalankan haknya. Salah satu peran MIPAnet adalah menjadikan MIPAnet School 2020 sebagai salah satu kegiatan workshop yang dapat digunakan untuk pemenuhan program MBKM.  Penyelenggaraan MIPAnet School diharapkan dapat diberikan penghargaan kredit bagi mahasiswa yang mengikutinya.