Selamat Datang di Website MIPAnet

Sekretaris Jenderal MIPANet Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. Gelar Semirata MIPAnet di Manado

Sekretaris Jenderal MIPANet Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. Gelar Semirata MIPAnet di Manado

Seminar dan Rapat Tahunan (Semirata) MIPANet telah dilangsungkan pada tanggal 24 – 26 Agustus 2017 di Manado. Bertindak sebagai tuan rumah ialah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sam Ratulangi (FMIPA UNSRAT), Sulawesi Utara. Kegiatan Semirata MIPANet ini merupakan kelanjutan dari rapat koordinasi MIPANet di Institut Pertanian Bogor yang telah dilangsungkan pada bulan Oktober 2016. Pada Semirata MIPANet kali ini, kegiatan rapat tahunan dihadiri oleh para dekan MIPA dari 44 perguruan tinggi. Adapun kegiatan seminar, dengan tema Sains untuk Kehidupan, dihadiri oleh 239 pemakalah yang terdiri atas makalah bidang Fisika 34 paper, Kimia 32 paper, Matematika 40 paper, Biologi 33 paper, Farmasi 13, serta 87 paper bidang terkait lainnya.

Sekjen MIPANet Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan bahwa MIPANet, yang beranggotakan 68 perguruan tinggi se-Indonesia, secara rutin mengadakan rapat tahunan untuk membahas berbagai topik perkembangan MIPA. Sekjen yang didampingi oleh Sekretaris Eksekutif Prof. Warsito, S.Si, DEA, Ph.D dan Bendahara MIPANet Prof. Dr. Widowati, S.Si, M.Si, menyatakan bahwa melalui kegiatan rapat tahunan ini MIPANet diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait dengan kemajuan MIPA. Agenda rapat tahun 2017 diantaranya membahas tentang perkembangan kegiatan yang mencakup antara lain organisasi MIPANet yang telah dikukuhkan secara legal, penyempurnaan AD dan ART, serta tersedianya media komunikasi antar anggota MIPANet melalui web mipanet.or.id. Selain itu, disampaikan pula bahwa untuk lebih memperkenalkan MIPANet ke komunitas yang lebih luas serta membangun jejaring di tingkat regional/internasional maka Sekjen MIPANet Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. telah hadir dalam pertemuan Dekan Sains se-ASEAN di Bangkok, Thailand pada tanggal 30 November s.d. 2 Desember 2016 dan Bendahara MIPANet Prof. Dr. Widowati, S.Si, M.Si pada pertemuan Asian Dean Summit di Bali pada tanggal 24 s.d 25 Juli 2017.

Terkait dengan pendirian Lembaga Akreditasi Mandiri, terutama LAMSAMA, secara prinsip para dekan yang hadir sangat mendukung pendirian LAMSAMA karena memang sesuai dengan upaya penjaminan mutu kualitas pendidikan tinggi khususnya Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Pemerintah cq Kemenristekdikti merencanakan SPME akan dilaksanakan secara mandiri oleh LAM sesuai bidangnya masing-masing. Untuk itu, agar lebih memahami dan mengetahui perkembangan proses pendirian LAMSAMA, maka MIPANet akan beraudiensi secara lebih intens dengan tim pendiri LAMSAMA. Beberapa hal yang ingin diketahui dan dipahami bersama ialah terkait pendanaan organisasi, instrumen, proses kerja, serta ketersediaan SDM penilai yang mumpuni sesuai dengan keilmuan di MIPANet.

Turut hadir sebagai pembicara pada Semirata MIPANet 2017, ialah Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang diwakili oleh Kepala Badan Litbang daerah Sulut dr Jimmy Lampus MKes, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Ristekdikti Dr Muhammad Dimyati, serta Direktur Lembaga Molekuler Eijkman Universitas Indonesia Jakarta Prof dr Amin Subandrio W Kusumo, PhD Sp MK(K). Pada kesempatan ini turut pula hadir Statistika/Aktuaria READI University of Waterloo, Canada Prof Dr. Ken Seng Tan, Combinatorial Optimization Deputy Director of MAXIMA Monash University, Australia Prof Dr Andreas Ernst, Energy System Modeling Deputy Director Energy Materials and System Institute Monash University, Australia, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Ariel Liebman, Dr Laksana Tri Handoko, serta Genetika Biologi Universität Kassel, Germany Prof Dr Wolfgang Nellen.

Rapat tahunan diakhiri dengan kesepakatan rencana rapat tahunan berikutnya akan diadakan di Unpati Ambon dengan cadangan di Unmul atau di Unsyiah. Sebelum rapat tahunan berikutnya dilaksanakan, para anggota MIPANet didorong untuk melakukan kerjasama antar anggota, baik dalam bentuk kerjasama penelitian, student exchange, credit transfer, maupun bentuk kerjasama lainnya seperti penulisan jurnal. Untuk mendukung penulisan agar lolos publikasi di jurnal yang memiliki high impact, direncanakan akan diadakan pelatihan reviewer riset bidang MIPA. Untuk keperluan pelatihan reviewer ini, akan disiapkan proposal untuk diajukan ke Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Dr. Muhammad Dimyati. Sebagai tambahan, diharapkan para Dekan membuat buku kepakaran SDM yang ada di unit kerjanya agar selanjutnya dapat dibuat kekuatan SDM MIPANet.

Liputan media cetak: